Social Icons

Jumat, 30 November 2012

Meraih Ketenangan Jiwa Bersama Keluarga

Tuntutan ekonomi yang semakin tinggi membuat kita harus memutar otak untuk mendapatkan cara agar segala kebutuhan kita terpenuhi. Tentunya hal ini menuntut kita untuk senantiasa bekerja keras. Kerasnya dunia kerja terkadang membuat hati dan pikiran kita tercemari oleh kerasnya dunia kerja. Persaingan dan kecepatan adalah tuntutan dalam dunia usaha. Untuk menetralkannya berikut ada beberapa tips dari penulis untuk Anda :

1. Sempatkan untuk solat tepat waktu

 Seberapapun sibuknya aktivitas kita, luangkan waktu minimal 15 menit untuk mengingat Sang Pencipta,  Allah Ta'ala. Air wudhu yang membasuh setiap anggota badan kita akan menimbulkan rasa segar baik jiwa maupun raga, selainnya juga bisa menggugurkan dosa-dosa ringan yang dilakukan panca indera kita.

Gunakan untuk berkeluh kesah pada Allah SWT akan segala kepenatan kita dalam bekerja. Insya Allah hati akan semakin tenang dan lebih bersemangat dalam bekerja.


2. Jangan bawa pekerjaan kantor di rumah

Tuntutan pencapaian target pekerjaan terkadang membuat kita harus menyelesaikan sebagian pekerjaan kita di rumah. Tentunya ini membuat waktu kita untuk berkumpul dengan keluarga berkurang. Sebaiknya hindari hal ini karena justru makin membuat kita penat dan jenuh setiap saat di rumah. Sebisa mungkin selesaikanlah pekerjan di kantor. Jangan bawa pekerjaan kantor di rumah. Gunakan waktu saat di rumah untuk berkumpul dengan keluarga, menengarkan anak-anak bercerita tentang sekolah dan teman-teman mereka. Ini juga bisa membantu untuk mendekatkan hati kita dengan keluarga sehingga terciptalah suasana rumah tangga yang harmonis. Efeknya, bisa membuat kita lebih bersemangat bekerja demi keluarga tercinta.


3. Sempatkan untuk refreshing bersama keluarga

 Bertamasya melihat pemandangan alam adalah cara paling jitu untuk melepaskan kejenuhan dan kepenatan dalam bekerja. Apalagi melakukannya dengan keluarga tercinta akan lebih membuat hati merasa tenang dan nyaman. Bila perlu pergilah ke pantai atau gunung dan berteriaklah sekencang-kencangnya untuk melepaskan kepenatan kerja dengan segala problema yang mengikutinya.




4. Jangan terlalu dekat dengan teman yang suka berkeluh kesah

Sudah banyak yang membuktikan bahwa teman sangat memberi warna dalam hidup kita. Bila kita baik, maka akan ikut baiklah kita. Sebaliknya jika teman kita malas, maka akan ikut malaslah kita. Ingat sebuah pepatah yang mengatakan "Bila ingin melihat sfat seseorang, maka lihatlah temannya". Sebisa mungkin hindari teman yang senang berkeluh kesah karena hanya akan memberikan energi negatif dalam diri kita. Dan akrabilah teman yang mempunyai dedikasi tinggi dalam bekerja.


5. Bekerjalah dengan ikhlas

"Sesungguhnya Allah tidak akan menerima amal perbuatan, kecuali amal perbuatan yang diniatkan dengan ikhlas demi meraih ridho-Nya"(HR Nasa'i). Perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas akan mendatangkan keringanan dan kemudahan di setiap langkahnya.

Selamat mencoba tips dari kami.
Salam sukses selalu untuk kita!

(oleh astrifarmasi@gmail.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About the Author

Hai, saya penulis blog Health, Body and Soul. Saya bekerja di salah satu bidang pelayanan kesehatan, dan sedang menempuh study S1 Teknik Informatika di Perguruan Tinggi swasta Yogyakarta. Informasi tentang segala yang berhubungan dengan kesehatan dan kehidupan bisa konsultasi atau sekedar sharing dengan kami.

Perguruan Tinggi


Nama : Astriyani Fathonah
NIM : 12121189
PRODI : Teknik Informatika
STMIK EL-RAHMA YOGYAKARTA